Pages

Friday, April 29, 2011

Berita Bola: Selangkah Lagi Porto ke Final

Berita Bola: Selangkah Lagi Porto ke Final

PORTO - Porto meraih sukses menang besar sekaligus menjejakkan satu kakinya di partai final usai menggilas wakil Spanyol, Villarreal dengan skor telak 5-1. Radamel Falcao mencetak empat gol (quattrick) pada laga leg pertama semifinal Liga Europa 2010/11 ini.

Berlaga di Estadio Do Dragao, Jumat (29/4) dinihari WIB, Porto tampil menekan sejak awal laga. Namun Villarreal mampu mencuri gol di penghujung babak pertama. Sebuah serangan balik dibangun dan bola berada di kaki Nilmar di sayap kanan. Umpan silang dikirim ke tiang dekat dan Ruben Cani menanduknya dengan sempurna ke dalam jala Helton.

Gol itu membuat publik Do Dragao terkejut. Porto pun coba bereaksi dan terus
memberi tekanan. Memasuki babak kedua, Porto mampu bangkit. Efektivitas mereka jauh lebih baik ketimbang pada babak pertama. Bahkan, Villarreal kali ini mampu dibuat benar-benar kerepotan.

Empat menit memasuki babak kedua, Lopez melakukan pelanggaran terhadap Falcao di dalam area penalti. Kartu kuning dan hadiah penalti untuk Porto. Falcao yang diaulat sebagai algojo mampu menjalankan tugas dengan baik. Skor kembali imbang.

Berselang 12 menit kemudian, Porto gantian unggul kali ini melalui aksi Freddy Guarin. Percobaan tendangan Guarin dari sudut sempit memang masih membentur tiang gawang, namun bola muntah disambarnya tanpa mampu diantisipasi Lopez.

Porto akhirnya tak butuh waktu lama untuk memperbesar keunggulan. Berselang 6 menit, giliran Falcao yang mencetak gol keduanya usai memanfaatkan umpan Hulk yang sebelumnya mampu mengacak-acak pertahanan Villarreal.

Upaya Villarreal untuk memperbaiki diri sia-sia. Porto mampu menambah keunggulan menjadi 4-1 melalui hat-trick Falcao. Gol yang kian membunuh harapan Villarreal dalam upaya melaju ke babak final.

Kehancuran Villarreal bertambah saat Falcao mampu mencetak gol keempatnya pada pengujung laga. Dengan kekalahan 1-5, jelas upaya Villarreal membalikkan keadaan pada leg2 di El Madrigal akan semakin berat. Bahkan, Porto bisa dibilang sudah melangkahkan satu kaki mereka di partai puncak.

Selisih empat gol ini tentunya meringankan tugas Porto saat melakoni leg kedua pekan depan di El Madrigal. Asal tidak kalah lebih dari empat gol dan mampu mencetak gol tandang, Porto yang lolos ke final. (nur/bolaliar)

No comments:

Post a Comment