Pages

Tuesday, December 6, 2011

Messi, Ronaldo dan Xavi Kandidat Peraih FIFA Ballon d’OR 2011

PARIS - FIFA Ballon d’OR 2011 sudah dipastikan akan jatuh ke ranah Spanyol lagi, diantara Real Madrid atau Barcelona. Hal ini dikarenakan ketiga finalis yang terpilih untuk memperebutkan penghargaan ini adalah milik dua klub raksasa asal Spanyol tersebut.

Ronaldo (Real Madrid), Xavi Hernandez dan Messi (Barcelona) adalah ketiga kandidat tersebut. Ketiga orang ini juga pernah memperebutkan gelar ini pada tahun 2009. Saat itu Messi lah yang memenangkan penghargaan ini sedangkan Ronaldo dan Xavi hanya menempati peringkat dua dan tiga.

Pada tahun ini diprediksikan Lionel Messi akan kembali keluar sebagai pemenang menyusul penampilan gemilangnya bersama Barcelona dengan merebut gelar La Liga dan Liga Champions. Musim lalu ia mencetak 53 gol disemua kompetisi yang dijalani Barcelona, jika Messi berhasil merebut penghargaan lagi tahun ini maka namanya akan disejajarkan dengan pemain legendaris seperti Johan Cruyff, Michel Platini, dan Marco Van Basten yang berhasil meraih tiga kali penghargaan Ballon d’OR.

Meski begitu, bukan berarti kandidat lain tidak memiliki peluang untuk menyabet gelar Ballo d’OR. Ronaldo tidak bisa diacuhkan begitu saja karena musim lalu ia berhasil menjadi raja gol Eropa dengan torehan 54 gol disemua kompetisi dengan 41 gol diantaranya diraih di La Liga Spanyol. Ia berhasil memecahkan rekor gol milik Telmo Zarra dan Hugo Sanchez yang hanya bisa mencetak 38 gol dalam satu musim.

Peluang Xavi memang tidak sebesar Messi dan Ronaldo, Meski menjadi jendral lapangan tengah Barcelona tapi banyak pihak menganggap perannya tidak sebagus peran yang dilakoni Messi yang sekarang menjadi ikon Barcelona. Peluang terbaik Xavi untuk menjadi Ballon d’or justru adalah tahun lalu dimana ia berhasil membawa Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010, tapi pada saat itu Xavi hanya bisa menempati peringkat kedua lagi – lagi dibawah Lionel Messi.

Selain Ballon d’OR, penghargaan lain yang diperebutkan adalah Puskas Award dan juga gelar Pelatih Terbaik FIFA Ballon d’OR.

Dalam perebutan gelar Pelatih terbaik ini terjadi duel antara Pep Guardiola dan Jose Mourinho, sementara satu kandidat lainnya adalah pelatih gaek asal klub Manchester United, Sir Alex Ferguson. Guardiola dan Mourinho sudah dua tahun berturut – turut masuk dalam nominasi ini. (nur/tipsbolaoke)

No comments:

Post a Comment