ARENABOLA.COM

Friday, December 23, 2011

Toure Pemain Terbaik Afrika Tahun Ini


JOHANNESBURG - Gelandang Pantai Gading Yaya Toure terpilih sebagai pemain terbaik CAF Tahun 2011 dalam pemilihan yang dilakukan di Ghana, Kamis, hanya 24 jam setelah ia membantu Manchester City mengalahkan Stoke 3-0 dan bertahan di posisi teratas Liga Inggris.

Toure (28) yang merupakan adik bek City, Kolo Toure, mengungguli gelandang Ghana dan Marseille Andre Ayew serta gelandang Mali yang bermain di Barcelona, Seydou Keita, dalam pemungutan suara di kalangan pelatih timnas di benua Afrika.

Pemegang gelar sebelumnya, striker Kamerun dan Anzhi Makhachkala Samuel Eto'o, telah lebih dulu tersingkir pada pemilihan awal hari Rabu, bersama-sama dengan striker Senegal yang bermain di Lille, Moussa Sow.


Yaya telah menjadi pemain kunci bagi kebangkitan Manchester City di Liga Premier, juga turut mengantarkan timnya memenangkan gelar Piala FA, dengan mencetak gol saat mengalahkan Manchester United di semifinal dan Stoke City di final.

Dia juga pemain andalan Pantai Gading saat lolos ke putaran final Piala Afrika 2012, sebagai satu-satunya tim yang meraih hasil sempurna dengan mengalahkan Rwanda, Burundi dan Benin di babak kualifikasi, baik laga kandang maupun tandang.

Toure memulai karir profesionalnya 10 tahun lalu dengan klub Belgia, Beveren. Setelah itu dia bermain di sejumlah klub di Ukraina, Yunani, Perancis dan raksasa dunia Barcelona, sebelum pindah ke Inggris.

Dia merupakan pemain Pantai Gading kedua setelah striker Chelsea Didier Drogba yang memenangkan penghargaan individu tertinggi CAF. Pada pidato singkatnya di Gedung Negara di ibukota Ghana, Accra, dia mnyampaikan terima kasih kepada keluarga dan rekan-rekannya di City.

Sementara itu Ayew semula berharap meniru ayahnya, Abedi 'Pele' Ayew, pemenang penghargaan tiga kali berturut-turut dari tahun 1991 dan anggota tim Marseille yang memenangkan Liga Champions 1993.

Setelah menjadi pemain pinjaman dengan beberapa klub Prancis, Ayew (21) akhirnya mendapat tempat pertama di tim Marseille dan mencetak gol dalam kemenangan heroik di Borrussia Dortmund bulan ini yang meloloskan timya ke babak 16 besar Liga Champions.

Dia membantu Ghana lolos ke putaran final Piala Afrika 2012, yang dimulai bulan depan di Gabon dan Equatorial Guinea. Dia disebut-sebut bakal mendapatkan giliran untuk dinobatkan menjadi raja sepak bola Afrika. (nur/tipsbolaoke)

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

No comments:

Post a Comment