Pages

Monday, November 14, 2011

Singkirkan Thailand, Indonesia ke Semifinal (Sea Games)

JAKARTA – Timnas U-23 Indonesia berhasil meraih satu tiket di babak semifinal sepakbola SEA Games XXVI tahun 2011, setelah mengandaskan Thailand dengan skor meyakinkan 3-1.

Tiga gol kemenangan Indonesia masing-masing dipersembahkan oleh Titus Bonai di menit ke 34, Patrich Wanggai di menit ke-63, serta Ferdinand Sinaga di masa ijury time babak kedua. Sementara satu gol hiburan untuk Thailand lahir melalui tendangan penalti Ronnachai Rangsiyo.

Pertemuan kedua tim yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (13/11), berlangsung keras. Tim Gajah Putih yang membutuhkan kemenangan untuk menjaga peluang mereka ke semifinal, menampilkan permainan keras cenderung kasar.

Akibatnya baru 11 menit pertandingan berjalan, pemain Thailand, Theeraton Bunmathan harus diusir keluar lapangan oleh wasit. Pemain nomor punggung 15 itu menerima kartu kuning keduanya karena menjegal striker Indonesia, Andik Vermansyah.

Unggul jumlah pemain membuat pemain Indonesia bersemangat. Hasilnya di menit ke 34 Indonesia berhasil unggul 1-0 melalui gol yang diciptakan oleh Titus Bonai. Gol Titus Bonai di menit ke-34 itu lahir lewat sundulan kepala.

Gol itu berawal dari pergerakan Hasim Kipuw di sisi kiri pertahanan Thailand. Hasim yang lolos dari jebakan offside mengirimkan umpan ke kotak penalti Thailand yang disambut sundulan keras Titus Bonai menjebol gawang Thailand.

Thailand sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di awal babak kedua, tepatnya di menit ke-50, melalui penalti Ronnachai Rangsiyo, menyusul pelanggaran Abdul Rahman, terhadap pemain Thailand, Sarach Yooyen. Namun menit ke-63, Patrich Wanggai kembali membuat Indonesia memimpin 2-1 berkat gol sundulannya.

Menit ke-75 Thailand harus bermain dengan 9 pemain, karena Ekkasit Chaobut menerima kartu merah karena tackle dua kaki yang dilakukannya terhadap Egi Melgiansyah.

Dengan hanya 9 pemain, serangan yang dilakukan Thailand ke pertahanan Indonesia menjadi kendor. Sebaliknya tim asuhan Rahmad Darmawan mampu menambah keunggulan melalui sebuah serangan balik cepat di masa injury time lewat Ferdinand Sinaga.

Dengan kemenangan 3-1 ini, Indonesia memimpin puncak klasemen grup A dengan nilai 9, sekaligus memastikan satu tiket di semifinal. Sedangkan Thailand harus tersingkir di penyisihan grup. Satu tiket lainnya dari grup A akan diperebutkan oleh Malaysia dan Singapura. (nur/tipsbolaoke)

No comments:

Post a Comment