ARENABOLA.COM

Thursday, February 9, 2012

Taklukkan Ghana 1-0, Zambia Lolos ke Final (Piala Afrika)

BATA - Zambia secara mengejutkan mampu mengalahkan faforit juara Ghana dengan angka 1-0 di babak semifinal Piala Afrika 2012 yang dihelat di Stadion De Bata, Rabu (8/2) malam WIB.

Zambia menggunakan skema 4-4-2 dengan mengandalkan duet Christopher katongo dan James Chamanga di lini depan. Adapun, Nathan Sinkala bertindak sebagai palymaker dalam menyuplai umpan kepada duet striker.

Sementara, Ghana menggunakan skema yang sama, yakni 4-4-2. Duet Asamoah Gyan dan Jorday Ayew menjadi andalan Ghana dalam membongkar pertahanan Zambia. Adapun, posisi yang ditinggalkan Michael Essien ditempati Anthony Annan.

Ghana langsung tampil trengginas sejak peluit pertandingan dibunyikan. Baru tujuh menit laga berjalan, Ghana angsung mendapat hadiah penalti. Kwadwo Assamoah dijegal keras Davis Nkausu di kotak terlarang.

Wasit pun langsung menunjuk titik putih. Namun, Gyan yang menjadi eksekutor gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Asamoah Gyan nyaris membawa Ghana unggul di menit ke-24. Menerima umpan terobosan Jordan Ayew, Gyan melepas tembakan keras yang masih menyamping di sisi kanan gawang Zambia.

Zambia sendiri tercatat hanya memiliki satu peluang berbahaya di sepanjang babak pertama. Tendangan keras Christopher Katongo dari luar kotak penalti di menit ke-38 masih tinggi di atas mistar gawang Ghana. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Pertandingan babak kedua berjalan lebih menarik lagi. Ghana mencoba mengambil insiatif penyerangan sejak peluit pertandingan dibunyikan. Gyan nyaris membobhol gawang Zambia di menit ke-68. Namun, sayang tembakannya dari sudut sempi di sisi kanan masih mampu ditangkap dengan mudah kiper Kennedy Mweene.

Di menit ke-68, Gyan kembali memperoleh peluang emas. Kali, ini tandukannya masih melebar tipis di sisi kiri gawang Zambia.

Asyik menyerang, gawang ghana justru bobol di menit ke-78. Emmanuel Mayuka melakukan gerakan memutar dan kemudian melepas tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu diselamatkan kiper A.Larsen.

Alih-alih mambalas, Ghana justru harus bermain dengan sepuluh pemain di menit ke-83. Derek Boateng mendapat kartu kuning kedua setelah melanggar Sthopia Sanzo. Hingga laga usai keunggulan satu gol Zambia tetap tak berubah. Di final, Zambia akan menghadapi pemenangan antara Pantai gading melawan Mali. (nur/tipsbolaoke)

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

No comments:

Post a Comment